Rabu, 24 September 2008

GBRP KD IPA 2

PERANGKAT MENGAJAR








GBRP
KONSEP DASAR IPA SD 2

Oleh :
TIM IPA


FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
SEPTEMBER 2008



GARIS-GARIS BESAR RENCANA PERKULIAHAN


Mata Kuliah : Konsep Dasar IPA SD 2
Kode/ SKS : 64324402/ 4 SKS
Prasyarat : Telah menempuh Konsep Dasar IPA SD 1
Semester : 3
Deskripsi :
Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu memahami karakteristik, mengumpulkan, menganalisis data, dan melaporkan tentang karakteristik gelombang, optik, listrik dan magnet melalui berbagai teknik yang relevan, mengkaitkan fenomena-fenomena yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Berlatih mengidentifikasi variabel-variabel dalam praktikum dengan menggunakan berbagai teknik yang relevan, mendiagnosis dan merancang percobaan sederhana. Pencapaian kompetensi dapat diuji melalui tes tulis, observasi dan tugas-tugas laporan praktikum.
Dosen : Drs. Soegino
Dra. Suryanti, M.Pd
Julianto, S.Pd
Buku Sumber :
1. Giancoli, D.C. 1995. Physics. New Jersey: Prentice Hall.
2. Halliday, D., Resnick, R. 1994. Physics, terjemahan: Pantur Silaban dan Edwin Sucipto. Jakarta: Erlangga
3. McLaughlin, Charles W & Thompson, Marilyn. 1997. Physics Science. New York: Glencoe/ McGraw-Hill
4. Suryanti, dkk. 2003. Konsep Dasar IPA –Fisika SD. Surabaya: Unipress.





No
Kompetensi Dasar
Materi
Estimasi Waktu
Tugas
1.
Mengkaji, memahami karakteristik dan menerapkan konsep-konsep gelombang dalam kehidupan sehari-hari
Gelombang
450’ ( 3 x TM )
Tugas pengumpulan data, analisis dan pelaporan
2.
Mengkaji dan menerapkan konsep-konsep bunyi dalam kehidupan sehari-hari
Bunyi
300’ ( 2 x TM )
Proyek dan
tes tulis
3.
Mengkaji dan menerapkan konsep – konsep cahaya, sifat cahaya, mekanisme penglihatan, alat optik dan memanfaatkannya dalam kehidupan sehari - hari
Cahaya
600’ ( 4 x TM )
Tugas pengumpulan data, analisis dan pelaporan
4.
Mendeskripsikan cara menghasilkan energi listrik dan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari
Listrik
150’ ( 1 x TM )
Tugas pengumpulan data, analisis dan pelaporan
5.
Mendeskripsikan, memahami perubahan energi listrik ke bentuk lain dan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari
Listrik
150’ ( 1 x TM )
Unjuk kerja dan
tes tulis
6.
Mendeskripsikan cara menghemat energi listrik dalam kehidupan sehari-hari
Listrik
300’ ( 2 x TM )
Tugas pengumpulan data, analisis dan pelaporan
7.
Mendeskripsikan bahaya listrik dalam kehidupan sehari-hari
Listrik
150’ ( 1 x TM )
Proyek
dan unjuk kerja
8.
Mengidentifikasi sifat-sifat magnet dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
Magnet
300’ ( 2 x TM )
Tugas pengumpulan data, analisis dan pelaporan





SATUAN ACARA PERKULIAHAN


Mata Kuliah : Konsep Dasar IPA SD 2
Nomor Kode/ SKS : 64324402/ 4 SKS
Semester : 3
Pokok Bahasan : Gelombang
Sumber Referensi :
1. Giancoli, D.C. 1995. Physics. New Jersey: Prentice Hall.
2. Halliday, D., Resnick, R. 1994. Physics, terjemahan: Pantur Silaban dan Edwin Sucipto. Jakarta: Erlangga
3. Suryanti, dkk. 2003. Konsep Dasar IPA –Fisika SD. Surabaya: Unipress.
Pertemuan Ke: 1-3
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
PENGALAMAN BELAJAR
SUBSTANSI KAJIAN
PENGALAMAN BELAJAR
TAGIHAN / EVALUASI
SUMBER
T
Tsr
Mdr
Strategi Pembelajaran
Mengkaji, memahami karakteristik dan menerapkan konsep-konsep gelombang dalam kehidupan sehari-hari
· Mahasiswa dapat mengelompokkan gelombang mekanik dan gelombang elektromagnetik
· Mahasiswa dapat membedakan antara gelombang transversal dengan gelombang longitudinal, melalui percobaan
· Mahasiswa dapat menggunakaan rumus gelombang v = f x λ
· Berlatih mengumpulkan dan menganalisis data tentang karakteristik dan menerapkan konsep-konsep gelombang dalam kehidupan sehari-hari
· Mendiagnosis dan merancang percobaan sederhana tentang gelombang
· Melakukan percobaan sederhana tentang gelombang
· Bekerja sama melakukan percobaan
· Berdiskusi tentang masalah yang harus dipecahkan
· Mempresentasikan hasil kelompok
· Merangkum
Gelombang : Arti, Perambatan, Cepat Rambat, Frekuensi, Periode, Amplitudo
200
150
100
Pembelajaran Berdasarkan Masalah
Tes tulis
Tugas pengumpulan data, analisis dan pelaporan
Buku 1,2,3


SATUAN ACARA PERKULIAHAN


Mata Kuliah : Konsep Dasar IPA SD 2
Nomor Kode/ SKS : 64324402/ 4 SKS
Semester : 3
Pokok Bahasan : Bunyi
Sumber Referensi :
1. McLaughlin, Charles W & Thompson, Marilyn. 1997. Physics Science. New York: Glencoe/ McGraw-Hill
2. Suryanti, dkk. 2003. Konsep Dasar IPA –Fisika SD. Surabaya: Unipress.

Pertemuan Ke: 4-5
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
PENGALAMAN BELAJAR
SUBSTANSI KAJIAN
PENGALAMAN BELAJAR
TAGIHAN / EVALUASI
SUMBER
T
Tsr
Mdr
Strategi Pembelajaran
Mengkaji dan menerapkan konsep-konsep bunyi dalam kehidupan sehari-hari
· Mahasiswa dapat mendemonstrasikan terjadinya bunyi karena ada getaran
· Mahasiswa dapat membedakan antara tinggi nada dengan keras nada, melalui percobaan
· Mahasiswa dapat menyebutkan jenis sumber bunyi pada alat bunyi-bunyian.
· Mahasiswa dapat mengidentifikasikan faktor-faktor yang mempengaruhi frekuensi nada yang dihasilkan dawai
· Mendengarkan penjelasan dosen dalam pembagian tugas dalam kelompok
· Bekerja sama untuk melakukan percobaan
· Berdiskusi hasil kelompok
· Mempresentasikan hasil kelompok
· Memberikan komentar pada kelompok lain

Bunyi : Arti, Perambatan, Cepat Rambat, Gaung dan Gema, Frekuensi dan nada, Amplitudo dan keras bunyi, Efek Doppler
100
150
50
Pembelajaran kooperatif
Tes tulis
Tugas pengumpulan data, analisis dan pelaporan
Buku 3,4




SATUAN ACARA PERKULIAHAN

Mata Kuliah : Konsep Dasar IPA SD 2
Nomor Kode/ SKS : 64324402/ 4 SKS
Semester : 3
Pokok Bahasan : Cahaya
Sumber Referensi :
1. Giancoli, D.C. 1995. Physics. New Jersey: Prentice Hall.
2. Suryanti, dkk. 2003. Konsep Dasar IPA –Fisika SD. Surabaya: Unipress.
Pertemuan Ke: 6-9
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
PENGALAMAN BELAJAR
SUBSTANSI KAJIAN
PENGALAMAN BELAJAR
TAGIHAN / EVALUASI
SUMBER
T
Tsr
Mdr
Strategi Pembelajaran
Mengkaji dan menerapkan konsep – konsep cahaya, sifat cahaya, mekanisme penglihatan, alat optik dan memanfaatkannya dalam kehidupan sehari – hari
· Mahasiawa dapat melakukan percobaan untuk menemukan sifat-sifat cahaya
· Mahasiswa dapat melakukan percobaan pembentukan bayangan pada cermin datar, cermin cembung dan cermin cekung serta dapat menggunakan rumus cermin
· Mahasiswa dapat melakukan percobaan pembiasan cahaya
· Melalui percobaan mahasiswa dapat menemukan perbedaan sifat antara lensa cembung dengan lensa cekung serta dapat menggunakan rumus lensa
· Mahasiswa dapat menjelaskan cara kerja dari beberapa alat optik sederhana
· Berlatih mengumpulkan dan menganalisis data tentang karakteristik dan menerapkan konsep-konsep cahaya dalam kehidupan sehari-hari
· Melakukan percobaan pembentukan bayangan pada cermin datar, cermin cembung dan cermin cekung
· Melakukan percobaan sederhana pembiasan cahaya
· Menemukan perbedaan sifat antara lensa cembung dengan lensa cekung
· Membuat alat optik sederhana
· Cahaya: sifat - sifat cahaya, cahaya dan penglihatan
· Pemantulan cahaya pada : cermin datar, cermin cekung, cermin cembung, menetapkan bayangan benda
· Pemantulan cahaya pada : lensa bikonkaf, lensa bikonvek
· Pembiasan cahaya
· Penggunaan cahaya dalam kehidupan sehari-hari
· Membuat alat optik sederhana
250
250
100
Pembelajaran Berdasarkan Masalah
Tes tulis
Tugas pengumpulan data, analisis dan pelaporan
Buku 1,4

SATUAN ACARA PERKULIAHAN


Mata Kuliah : Konsep Dasar IPA SD 2
Nomor Kode/ SKS : 64324402/ 4 SKS
Semester : 3
Pokok Bahasan : Listrik
Sumber Referensi :
1. Halliday, D., Resnick, R. 1994. Physics, terjemahan: Pantur Silaban dan Edwin Sucipto. Jakarta: Erlangga
2. Suryanti, dkk. 2003. Konsep Dasar IPA –Fisika SD. Surabaya: Unipress.

Pertemuan Ke: 10
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
PENGALAMAN BELAJAR
SUBSTANSI KAJIAN
PENGALAMAN BELAJAR
TAGIHAN / EVALUASI
SUMBER
T
Tsr
Mdr
Strategi Pembelajaran
Mendeskripsikan cara menghasilkan energi listrik dan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari
Mahasiwa dapat mendeskripsikan gejala kelistrikan dengan percobaan penggosokan benda
· Memperhatikan dosen waktu memberi contoh percobaan
· Melakukan percobaan sederhana tentang gejala kelistrikkan
· Mendemonstrasikan rancangan percobaan sederhana tentang gejala kelistrikkan
· Memberikan komentar ke kelompok lain
· Bertanya
· Bekerja sama dengan anggota kelompok
Listrik statis, gejala kelistrikan dan aplikasi
50
50
50
Pembelajaran langsung
Tes tulis
Tugas pengumpulan data, analisis dan pelaporan
Buku 2,4



SATUAN ACARA PERKULIAHAN


Mata Kuliah : Konsep Dasar IPA SD 2
Nomor Kode/ SKS : 64324402/ 4 SKS
Semester : 3
Pokok Bahasan : Listrik
Sumber Referensi :
1. McLaughlin, Charles W & Thompson, Marilyn. 1997. Physics Science. New York: Glencoe/ McGraw-Hill
2. Suryanti, dkk. 2003. Konsep Dasar IPA –Fisika SD. Surabaya: Unipress.

Pertemuan Ke: 11
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
PENGALAMAN BELAJAR
SUBSTANSI KAJIAN
PENGALAMAN BELAJAR
TAGIHAN / EVALUASI
SUMBER
T
Tsr
Mdr
Strategi Pembelajaran
Mendeskripsikan, memahami perubahan energi listrik ke bentuk lain dan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari
Melalui percobaan, mahasiswa dapat mengelompokkan benda-benda yang bersifat konduktor dan isolator
· Mendengarkan penjelasan dari dosen
· Membagi kelompok sesuai dengan materi
· Mendiskusikan benda-benda yang bersifat konduktor dan isolator
· Melakukan percobaan sederhana tentang sifat- sitat konduktor dan isolator
· Bekerja sama antar anggota kelompok
· Mempresentasikan hasil kelompok
· Bertanya
Konduktor dan isolator
50
50
50
Pembelajaran kooperatif
Tes tulis
Tugas pengumpulan data, analisis dan pelaporan
Buku 3-4



SATUAN ACARA PERKULIAHAN


Mata Kuliah : Konsep Dasar IPA SD 2
Nomor Kode/ SKS : 64324402/ 4 SKS
Semester : 3
Pokok Bahasan : Listrik
Sumber Referensi :
1. Halliday, D., Resnick, R. 1994. Physics, terjemahan: Pantur Silaban dan Edwin Sucipto. Jakarta: Erlangga
2. Suryanti, dkk. 2003. Konsep Dasar IPA –Fisika SD. Surabaya: Unipress.

Pertemuan Ke: 12-13
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
PENGALAMAN BELAJAR
SUBSTANSI KAJIAN
PENGALAMAN BELAJAR
TAGIHAN / EVALUASI
SUMBER
T
Tsr
Mdr
Strategi Pembelajaran
Mendeskripsikan cara menghemat energi listrik dalam kehidupan sehari-hari
· Melalui percobaan mahasiswa dapat mendeskripsikan perbedaan rangkaian seri dengan rangkaian paralel
· Mahasiswa dapat menganalisis dan menjelaskan penerapan rangkaian seri dan paralel dalam kehidupan sehari-hari
· Mendengarkan permasalahan yang diutarakan oleh dosen
· Merancang percobaan
· Merangkai rangkaian seri dan rangkaian paralel
· Melakukan percobaan sederhana tentang rangkaian seri dan rangkaian paralel
· Bekerja sama dengan anggota kelompok
· Mendemonstrasikan rancangan percobaan sederhana tentang rangkaian seri dan paralel
· Bertanya pada kelompok yang maju presentasikan hasil
Rangkaian seri dan rangkaian paralel
100
150
50
Pembelajaran berdasarkan masalah
Tes tulis
Tugas pengumpulan data, analisis dan pelaporan
Buku 2-4


SATUAN ACARA PERKULIAHAN


Mata Kuliah : Konsep Dasar IPA SD 2
Nomor Kode/ SKS : 64324402/ 4 SKS
Semester : 3
Pokok Bahasan : Listrik
Sumber Referensi :
1. McLaughlin, Charles W & Thompson, Marilyn. 1997. Physics Science. New York: Glencoe/ McGraw-Hill
2. Suryanti, dkk. 2003. Konsep Dasar IPA –Fisika SD. Surabaya: Unipress.

Pertemuan Ke: 14
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
PENGALAMAN BELAJAR
SUBSTANSI KAJIAN
PENGALAMAN BELAJAR
TAGIHAN / EVALUASI
SUMBER
T
Tsr
Mdr
Strategi Pembelajaran
Mendeskripsikan bahaya listrik dalam kehidupan sehari-hari
· Mahasiswa dapat membuat alat listrik sederhana (bel listrik,mainan motor listrik, dll)
· Mahasiswa dapat menyimpulkan cara-cara menghemat listrik di rumah tangga
· Mahasiswa dapat menjelaskan cara menghindari bahaya-bahaya listrik di lingkungan
· Memperhatikan dosen waktu memperagakan rangkaian listrik
· Merancang rangkaian listrik sederhana
· Bekerja sama dengan kelompok
· Menghitung biaya pengeluaran listrik di rumah
· Menjelaskan Cara menghindari bahaya-bahaya listik dilingkungan
Bahaya listrik dan cara menghindari bahaya-bahaya listrik dilingkungan.
50
50
50
Pembelajaran langsung
Tes tulis
Tugas pengumpulan data, analisis dan pelaporan
Buku 3-4




SATUAN ACARA PERKULIAHAN


Mata Kuliah : Konsep Dasar IPA SD 2
Nomor Kode/ SKS : 64324402/ 4 SKS
Semester : 3
Pokok Bahasan : Magnet
Sumber Referensi :
1. Halliday, D., Resnick, R. 1994. Physics, terjemahan: Pantur Silaban dan Edwin Sucipto. Jakarta: Erlangga
2. Suryanti, dkk. 2003. Konsep Dasar IPA –Fisika SD. Surabaya: Unipress.

Pertemuan Ke: 15-16

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
PENGALAMAN BELAJAR
SUBSTANSI KAJIAN
PENGALAMAN BELAJAR
TAGIHAN / EVALUASI
SUMBER
T
Tsr
Mdr
Strategi Pembelajaran
Mengidentifikasi sifat-sifat magnet dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
· Mahasiswa dapat mengelompokkan benda-benda magnetis dan non magnetis
· Melalui percobaan mahasiwa dapat menemukan sifat-sifat magnet
· Melalui percobaan mahasiswa dapat menentukan kutub-kutub magnet
· Mahasiswa dapat menjelaskan kegunaan magnet dalam kehidupan sehari-hari
· Memperhatikan penjelasan dosen
· Melakukan percobaan tentang sifat-sifat magnet
· Bekerja kelompok
· Mengelompokkan benda-benda magnetis dan non magnetis
· Berdiskusi mengenai ciri-ciri magnet
· Merancang percobaan tentang magnet
· Menemukan kutub-kutub magnet
Magnet, sifat-sifat magnet, benda magnet dan non magnetik
100
150
50
Pembelajaran langsung
Tes tulis
Tugas pengumpulan data, analisis dan pelaporan
Buku 2-4

1 komentar:

Unknown mengatakan...

waduh, belajar jadi blogger sejati nih! good luck, (Nugroho AW)