Rabu, 24 September 2008

SILABUS KD IPA 1

SILABUS

1. Identitas Perguruan Tinggi
a. Perguruan Tinggi : Universitas Negeri Surabaya
b. Fakultas : Ilmu Pendidikan
c. Jurusan : PGSD
d. Program Studi : S1 PGSD

2. Identitas Matakuliah
a. Nama Matakuliah : Konsep Dasar IPA SD 1
b. Kode Matakuliah : -
c. Semester : Genap
d. Bobot : 4 SKS

3. Matakuliah Prasyarat :-

4. Status dan Sifat Matakuliah
a. Status Matakuliah : Wajib
b. Sifat Matakuliah : Teori&Praktek

5. Kompetensi yang dicapai
Memahami karakteristik, mengumpulkan dan menganalisis data tentang karakteristik mekanika dan kalor melalui berbagai teknik dan praktikum yang relevan dan mengkaitkan dengan fenomena-fenomena yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

6. Deskripsi Matakuliah
Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu memahami karakteristik, mengumpulkan dan menganalisis data tentang karakteristik mekanika dan kalor melalui berbagai teknik yang relevan dan mengkaitkan fenomena-fenomena yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Berlatih mengidentifikasi variabel-variabel dalam praktikum dengan menggunakan berbagai teknik yang relevan, Berlatih mendiagnosis dan merancang percobaan sederhana. Pencapaian kompetensi dapat diuji melalui tes tulis, observasi dan tugas-tugas laporan praktikum.

7. Pendekatan Pembelajaran : Inkuiri dan diskusi

8. Media Pembelajaran : OHP, transparansi

9. Asesmen : Tes kinerja, tes tulis, laporan praktikum

10. Tugas-tugas Mahasiswa : Diskusi, membuat Silabus dan RP, observasi SD




11. Daftar Rujukan
Buku Wajib (BW)
1. Depdiknas. 2004. Kurikulum 2004 Mapel Sains SD/MI. Jakarta: Depdiknas.

2. Iskandar,S.,M., 1998. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Dikti

3. Suryanti, Wahono Widodo, Elok Sudibyo, Soegino. 2003. Konsep-konsep dasar IPA-Fisika SD.University Press Unesa Surabaya.

Buku Anjuran (BA)
1. Supriyono Koes H, Prabowo. 1998, Jakarta, Konsep-konsep Dasar IPA, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Derektorat Jendral Pendidkan Tinggi.

2. Soedjojo Dirdjosoemarto, 1990, Jakarta, Pendidikan IPA I, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Derektorat Jendral Pendidkan Tinggi.

3. Ratna Wilis Dahar, 1990, Jakarta, Pendidikan IPA I, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Derektorat Jendral Pendidkan Tinggi.

4. Soedjojo Dirdjosoemarto, 1990, Jakarta, Pendidikan IPA II, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Derektorat Jendral Pendidkan Tinggi.

5. Wahyana, 1990, Jakarta, Pendidikan IPA VI, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Derektorat Jendral Pendidkan Tinggi
6. Ysepat Sumardi, 1997, Konsep Dasar IPA I, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Universitas Terbuka

Pert.
ke
Kompetensi Dasar
Indikator Hasil belajar
Kegiatan Pembelajaran
Rujukan
1 - 2
1. Terampil melakukan kerja ilmiah
2. Menyimpulkan bahwa penggunaan alat-alat ukur di dalam pengukur harus disesuaikan dengan keadaan benda yang diukur, misal tebal-tipisnya, besar -kecilnya, banyak-sedikitnya benda yang diukur
3. Menyimpulkan pengertian besaran vektor dan besaran sekala.
1. Mampu melakukan pengamatan, klasifikasi, pengukuran, prediksi, menyimpulkan, mengkomunikasikan hasil
2. Mengoperasikan berbagai alat ukur berbagai besaran massa, panjang dan waktu.
3. Menyimpulkan ketelitian berbagai alat ukur.
4. Membedakan besaran pokok dan turunan
5. Menentukan satuan besaran (pokok dan turunan)
6. Membedakan besaran vektor dan skalar.
7. Menggambarkan penjumlahan dan pengurangan vektor
· Mengukur panjang, massa dan waktu dengan menggunakan alat ukur
· Mendiskusikan ketelitian alat ukur
· Mendiskusikan besaran pokok dan turunan beserta satuannya
· Mendiskusikan besaran vektor dan skalar dan menggambarkannya

BW 1, 3
3 - 4
Mengkaitkan hubungan antara jarak, kecepatan, laju, percepatan dan waktu pada gerak
1. Menjelaskan GLB beserta contohnya
2. Menjelaskan GLBB dipercepat dan contohnya
3. Menjelaskan GLBB diperlambat dan contoh
4. Menunjukkan faktor yang menyebabkan GLBB
5. Menggambar grafik GLBB berdasar hasil percobaan
6. Menunjukkan beberapa faktor yang mengakibatkan gerak parabola
7. Menghitung berbagai kedudukan benda dalam gerak parabola
8. Menjelaskan pengertian gaya sentripetal, percepatan sentripetal (percepatan sentripetal)
9. Menjelaskan periode
10. Menyelesaikan masalah terkait gerak melingkar
11. Menjelaskan pengertian gaya
1. Mendiskusikan pengertian gerak
2. Mendiskusikan besaran-besaran dalam gerak beserta contoh
3. Mendiskusikan pengertian GLB dan contoh
4. Menggambar grafik GLB
5. Mendiskusikan GLBB dan contohnya
6. Menggambarkan grafik GLBB
7. Menyelesaikan soal terkait GLB dan GLBB
8. Mendiskusikan faktor yang mengakibatkan gerak parabola
9. Mendiskusikan kedudukan gerak parabola
10.Mendiskusikan gaya
11.Memecahkan masalah terkait gaya melingkar
BW 1, 3
5 - 6
Memahami usaha, energi dan perubahannya
1. Memahami energi dan perubahannya

1.Mendiskusikan pengertian energi dan perubahannya
BW 1, 3
7
USS 1
8-9
Mengidentifikasi berbagai hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari

1. Menjelaskan hukum I Newton
2. Menjelaskan hukum II Newton
3. Menjelaskan hukum III Newton
4. Menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi percepatan suatu benda
5. Menjelaskan gaya gesekan
6. Menyelesaikan masalah sehari-hari terkait dengan hukum Newton
1. Mendiskusikan pengalaman sehari-hari tentang berkendara dan dilanjutkan dengan diskusi hukum I, II, III Newton
2. Melakukan percobaan tentang gaya gesek
3. Menyelesaikan permasalahan terkait hukum I, II, III Newton

10-11
Menyimpulkan hubungan impuls dan momentum
1. Menjelaskan pengertian usaha dan satuannya
2. Menjelaskan daya dan satuannya
3. Menjelaskan pengertian energi
4. menjelaskan berbagai bentuk energi
5. Menjelaskan pengertian impuls dan momentum
6. Menyelesaikan masalah usaha, energi dan momentum
1. Mendisksikan pengertian usaha dalam IPA dengan usaha dalam kehidupan sehari-hari
2. Mendiskusikan usaha, daya, energi, dan impuls dan momentum
BW 1, 3
12
Menyimpulkan bahwa pesawat sederhana membuat pekerjaan lebih mudah dan cepat
1. Menjelaskan pengertian pesawat sederhana
2. Mengidentifikasi berbagai jenis pesawat sederhana
3. Mengidentifikasi kegiatan yang menggunakan pesawat sederhana
4. Menentukan keuntungan mekanik berbagai pesawat sederhana (tuas, bidang miring, katrol)
1. Melakukan pengamatan tentang pesawat sederhana
2. Melakukan percobaan tentang pesawat sederhana
3. Mendiskusikan kegiatan yang menggunakan pesawat sederhana
B W 1, 3
13
Menentukan hubungan temperatur berdasarkan skala
1. Menjelaskan pengertian suhu dan kalor
2. Menentukan suhu benda berdasarkan skala C, R, F, K
1. Mendiskusikan pngertian suhu dan kalor
2. Membuat skala suhu
BW 3
14
USS 2
15-16
Mendeskripsikan perubahan wujud benda
1. Menjelaskan pengertian tingkat wujud zat
2. Menjelaskan perpindahan panas
3. Menentukan kalor jenis
4. Menentukan jumlah kalor yang dilepas jika zat berubah temperaturnya
5. Menentukan jumlah kalor yang diterima jika zat berubah tingkat wujudnya
6. Menjelaskan pengertian kalor jenis, kalor lebur, titik lebur, titik didih
7. Menentukan suhu campuran

1. Mengamati perubahan wujud benda
2. Menghitung jumlah kalor yang dilepas dan diterima
3. Menentukan suhu akhir
BW 1, 3

Tidak ada komentar: