Rabu, 24 September 2008

SILABUS KD IPA 2

SILABUS


1. Identitas Perguruan Tinggi :
Perguruan Tinggi : Universitas Negeri Surabaya
Fakultas : Ilmu Pendidikan
Jurusan/ Prodi : KTP/ PGSD
2. Identitas Mata Kuliah
Nama Mata Kuliah : Konsep Dasar IPA SD 2
Kode Mata Kuliah : 64324402
Semester : 3
Bobot : 4 SKS
3. Mata Kuliah Prasyarat : Konsep Dasar IPA SD 1
4. a. Status Mata Kuliah : Wajib
b. Sifat Mata Kuliah : -
5. Kompetensi yang akan dicapai : Memahami karakteristik, mengumpulkan dan menganalisis data tentang karakteristik gelombang, optik, listrik dan magnet melalui berbagai teknik dan praktikum yang relevan dan mengkaitkan dengan fenomena-fenomena yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.
6. Deskripsi Mata Kuliah :
Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu memahami karakteristik, mengumpulkan dan menganalisis data tentang karakteristik gelombang, optik, listrik dan magnet melalui berbagai teknik yang relevan dan mengkaitkan fenomena-fenomena yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Berlatih mengidentifikasi variabel-variabel dalam praktikum dengan menggunakan berbagai teknik yang relevan, Berlatih mendiagnosis dan merancang percobaan sederhana. Pencapaian kompetensi dapat diuji melalui tes tulis, observasi dan tugas-tugas laporan praktikum.

7. Pendekatan Pembelajaran : Kooperatif learning dan Quantum Learning, Pembelajaran langsung
8. Media Pembelajaran : LCD, OHP
9. Assesment : Tes tulis, Tes Kinerja, dan Laporan Praktikum
10 Tugas-Tugas Mahasiswa : Mengumpulkan data, menganalisis data, dan menyusun laporan praktikum serta mencari sumber belajar di internet
11. Daftar Rujukan :
1. Giancoli, D.C. 1995. Physics. New Jersey: Prentice Hall.
2. Halliday, D., Resnick, R. 1994. Physics, terjemahan: Pantur Silaban dan Edwin Sucipto. Jakarta: Erlangga
3. McLaughlin, Charles W & Thompson, Marilyn. 1997. Physics Science. New York: Glencoe/ McGraw-Hill
4. Suryanti, dkk. 2003. Konsep Dasar IPA –Fisika SD. Surabaya: Unipress.





12 Rincian Perkuliahan

Pert Ke.
Kompetansi Dasar
Indikator Hasil Belajar
Kegiatan Pembelajaran
Rujukan
1- 3
Mengkaji, memahami karakteristik dan menerapkan konsep-konsep gelombang dalam kehidupan sehari-hari
· Mahasiswa dapat mengelompokkan gelombang mekanik dan gelombang elektromagnetik
· Mahasiswa dapat membedakan antara gelombang transversal dengan gelombang longitudinal, melalui percobaan
· Mahasiswa dapat menggunakaan rumus gelombang v = f x λ
· Mendiskusikan karakteristik gelombang mekanik dan gelombang elektromagnetik
· Menganalisis karakteristik gelombang transversal dengan gelombang longitudinal, melalui percobaan serta menemukan rumus yang berkaitan dengan gelombang
Buku 1-3
4-5
Mengkaji dan menerapkan konsep-konsep bunyi dalam kehidupan sehari-hari
· Mahasiswa dapat mendemonstrasikan terjadinya bunyi karena ada getaran
· Mahasiswa dapat membedakan antara tinggi nada dengan keras nada, melalui percobaan
· Mahasiswa dapat menyebutkan jenis sumber bunyi pada alat bunyi-bunyian.
· Mahasiswa dapat mengidentifikasikan faktor-faktor yang mempengaruhi frekuensi nada yang dihasilkan dawai
· Mengkaji dan mengidentifikasi faktor-faktor penyebab terjadinya bunyi dan jenis-jenis sumber bunyi dalam kehidupan sehari-hari
· Mendiskusikan berbagai macam bunyi dan faktor yang mempengaruhinya


Buku 3-4

USS

6-9
Mengkaji dan menerapkan konsep – konsep cahaya, sifat cahaya, mekanisme penglihatan, alat optik dan memanfaatkannya dalam kehidupan sehari - hari
· Mahasiawa dapat melakukan percobaan untuk menemukan sifat-sifat cahaya
· Mahasiswa dapat melakukan percobaan pembentukan bayangan pada cermin datar, cermin cembung dan cermin cekung serta dapat menggunakan rumus cermin
· Mahasiswa dapat melakukan percobaan pembiasan cahaya
· Melalui percobaan mahasiswa dapat menemukan perbedaan sifat antara lensa cembung dengan lensa cekung serta dapat menggunakan rumus lensa
· Mahasiswa dapat menjelaskan cara kerja dari beberapa alat optik sederhana

· Mendiskusikan karakteristik cahaya dengan melakukan percobaan sederhana
· Mendiskusikan karakteristik berbagai macam cermin dengan melakukan percobaan sederhana
· Menganalisis peristiwa terjadinya pembiasan cahaya dan faktor-faktor penyebabnya.
· Mendiskusikan dan menganalisis karakteristik berbagai macam lensa dengan melakukan percobaan sederhana
· Mendiskusikan dan menganalisis cara kerja alat-alat optik dalam kehidupan sehari-hari.

Buku 1-4
10
Mendeskripsikan cara menghasilkan energi listrik dan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari
Mahasiwa dapat mendeskripsikan gejala kelistrikan dengan percobaan penggosokan benda
· Mengkaji dan mengidentifikasi faktor-faktor penyebab gejala kelistrikan

Buku 2-4

USS

11
Mendeskripsikan, memahami perubahan energi listrik ke bentuk lain dan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari
Melalui percobaan, mahasiswa dapat mengelompokkan benda-benda yang bersifat konduktor dan isolator
· Mengkaji dan mengidentifikasi benda-benda yang bersifat konduktor dan isolator

Buku 3-4
12-13
Mendeskripsikan cara menghemat energi listrik dalam kehidupan sehari-hari
· Melalui percobaan mahasiswa dapat mendeskripsikan perbedaan rangkaian seri dengan rangkaian paralel
· Mahasiswa dapat menganalisis dan menjelaskan penerapan rangkaian seri dan paralel dalam kehidupan sehari-hari
· Mendiagnossis, mengkaji dan mengidentifikasi rangkaian listrik serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

Buku 2-4
14
Mendeskripsikan bahaya listrik dalam kehidupan sehari-hari
· Mahasiswa dapat membuat alat listrik sederhana (bel listrik,mainan tania dll)
· Mahasiswa dapat menyimpulkan cara-cara menghemat listrik di rumah tangga
· Mahasiswa dapat menjelaskan cara menghindari bahaya-bahaya listrik di lingkungan
· Merancang alat listrik sederhana
· Mengkaji dan mengidentifikasi cara menghemat listrik di rumah tangga
· Mendiagnossis, mengkaji dan mengidentifikasi bahaya listrik di lingkungan

Buku 3-4
15-16
Mengidentifikasi sifat-sifat magnet dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
· Mahasiswa dapat mengelompokkan benda-benda magnetis dan non magnetis
· Melalui percobaan mahasiwa dapat menemukan sifat-sifat magnet
· Melalui percobaan mahasiswa dapat menentukan kutub-kutub magnet
· Mahasiswa dapat menjelaskan kegunaan magnet dalam kehidupan sehari-hari
· Mengkaji dan mengidentifikasi benda-benda magnetis dan non magnetis
· Mendiagnossis, mengkaji, dan mengidentifikasi karakteristik magnet dengan percobaan sederhana

Buku 2-4

UAS

Tidak ada komentar: